Selasa, 26 Maret 2013

Gowes Ke Obyek Wisata Curug Banyunibo dan Curug Pulosari Desa Wisata Krebet


Obyek Wisata Curug Banyunibo dan Curug Pulosari berada di Dusun Krebokan Kulon, RT 02, RW 05, Desa Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Rute perjalanan bisa ditempuh menggunakan mobil, sepeda motor ataupun sepeda tentunya. Angkutan umum belum tersedia, Jangan juga menggunakan Bus... Ga bisa masuk ke lokasi.. 

Minggu 24 Maret Clubpon+ berduabelas berhasil sukses Gowes ke Curug Banyunibo. Oh, ya... berusaha kami cari lokasi tepat dari Curug Banyunibo di Wikimapia.org belum juga ketemu. Susah. Ga kliatan. Tapi alhamdulillah, titik titik awal menuju Curug Banyunibo sudah ada. Sebelumnya, Clubpon+ juga sudah ke Curug Pulosari. Berberapa, lupa :D

Rute ke Curug Banyunibo dan ke Curug Pulosari setidaknya bisa diambil 3 rute :

  • Dari perempatan Kantor Kelurahan Bangunjiwo, ke barat, menyusuri jalan aspal. Sambil Gowes, amati terus ya, sampai ketemu plang "Desa Wisata Krebet". 
  • Bila sudah ketemu, ikuti arah ke Krebet. (Ambil jalan ke kiri)
  • Susuri saja jalan naik turun sampai ketemu pertigaan jalan dengan pohon di tengah jalah. Ambil jalah arah ke kiri.
  • Sebentar lagi tanjakan habis kok, :)
  • Susuri terus sampai ketemu Patung Semar. Eh.. masih terus saja ya... 
  • Perhatikan di kiri jalan ada Kuburan. Nah diseberang kanan ada jalan conblok. Masuk jalan itu. Hati hati, ya... remnya di siapin...
  • Bila lurus terus mengikuti jalan conblok, goweser akan sampai ke Curug Pulosari.
  • Setelah perempatan pertama, lalu tanjakan kemudian ada pertigaan, ambil kiri. Susuri saja jalan tersebut, tapi akan lebih baik kalau bertanya ke warga arah ke Curug Banyunibo.
  • Dari Pertigaan Utara LP Pajangan, ke barat menyusuri tanjakan aspal lumayan panjang. Sampai ketemu Sekolah Dasar Beji di kiri jalan, eh perempatan jalan tepatnya. Di perempatan ambil jalan ke kanan, menyusuri jalan aspal. 
  • Susuri terus sampai ketemu kuburan di sebalah kanan jalan. Awas, kalau sudah sampai patung semar berarti kebablasen...
  • Di seberang jalan tepat sebelum kuburan ada jalan conblok. masuk jalan itu dan hati hati ya, remnya disiapin...
  • Bila lurus terus mengikuti jalan conblok, goweser akan sampai ke Curug Pulosari.
  • Setelah perempatan pertama, lalu tanjakan kemudian ada pertigaan, ambil kiri. Susuri saja jalan tersebut, tapi akan lebih baik kalau bertanya ke warga arah ke Curug Banyunibo.
  • Ini adalah rute minim tanjakan, tapi berbonus bau kandang ayam baik petelur maupun potong. Rute ini mengambil arah dari sebalah timur Kantor Kecamatan Pajangan tepatnya jalan Conblok disebelah timur Jembatan Kamijoro Sendang Sari Pajangan. Masuk ke utara, Susuri jalan tersebut, sambil tanya tanya ke warga, kemana arah ke Curug Banyunibo. Yang jelas ikuti saja, jangan ambil tanjakan ke kanan.. kecuali tanjakan ke lokasi Curug Banyunibo. 
Patung Semar Itu



Sesi Penyotrekan Di Curug Pulosari


 Di pelataran sebelah atas Curug Pulosari

Aliran Sungai Di Atas Curug Pulosari

Jalan Turun Ke Curug Pulosari

Curug Pulosari
 
Ayo balik cah, dituntun, blusukan iki .. :)

Sesi Penyotrekan Di Curug Banyunibo...




Curug Banyunibo


Curug Banyunibo

Suasana Komplek Curug Banyunibo

Di Curug Banyunibo, setiap hari libur, karang taruna setempat akan meminta goweser untuk parkir sepeda sekitar 100 meter dari lokasi. Tetapi sebenarnya, kita bisa masuk ke lokasi dengan membawa sepeda kok. Sehingga kalau mau narsis pakai sepeda di air terjunya, bolah boleh saja.  Tidak ada kutipan untuk masuk ke air terjun. Tapi sebaiknya, tetap saja membayar biaya parkir sepeda ke mereka. Toh untuk pengembangan fasilitas di sana juga. Informasi terkahir, pada Maret 2013, pengunjung Curug Banyunibo sudah mencapai 800 an, pada tiap tiap hari libur.

Tips bagi yang ingin naik ke bagian atas air terun, sendal atau sepatu sebaiknya dilepas. Oh ya, jalan naik maupun turunnya, ikuti aliran air ya. Karena ga licin. Kalau yang tidak ada aliran airnya, malah licin lho. Kemarin saja ada seorang pengunjung terpeleset. 

Anda orang Jogja? Kunjungi dua Curug ini, Curug Banyunibo dan Curug Pulosari. Untuk foto Prewed juga bagus lho.. Salam Gowes dari Clubpon+

Label: , , , , ,

2 Komentar:

Pada 29 April 2013 pukul 16.03 , Blogger Mawi Wijna mengatakan...

wah, jadi pangling, curug Banyunibo jadi terkenal gituh. Jadi bersih, padahal dulu masih sarang nyamuk, hahaha. Mari pindah ke curug lain lagi, hehehe.

 
Pada 3 Agustus 2015 pukul 00.43 , Blogger Unknown mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda