Jumat, 22 Maret 2013

Gowes Ke Obyek Wisata Candi Barong

Wisata Candi Yogyakarta. Berbekal sekelumit informasi dan gambaran Candi Barong dari wikimapia.org, berlima, sabtu pagi itu, 3 Maret 2013 kami, Clubpon, hanya berlima yang kliatan, sepakat gowes blusukan ke Candi Barong. Informasi sekelumit tadi adalah bahwa, Candi Barong ada di sebelah timur agak ke selatan dari Komplek Candi Ratu Boko. Maka gowes lah kita kita ke arah Candi Ratu Boko.

Inilah Rute Gowes blusukan  ke Candi Barong :
  • Dari selatan dari pertigaan pasar Piyungan jalan Jogja Wonosari, ambil arah ke kiri (ke utara) menyusuri jalan Piyungan - Prambanan
  • Dari utara dari pertigaan pasar Prambanan ambil arah ke kanan (ke selatan) menyusuri jalan Prambanan - Piyungan. Awas lho ya. harus sudah melewati bukit di kiri jalan, dimana Candi Ratu Boko berada.
  • Setiap sampai pertigaan, lihat papan nama #halah iklan banget!
  • Ketika ketemu papan nama penunjuk arah gowes ke Candi Ratu Boko, ikuti papan nama (ke Timur)
  • Setelah ketemu papan nama lagi, di perempatan, yang ke kiri gowes ke Candi Ratu Boko dan gowes ke Candi barong, yang ke kanan gowes ke Candi Ijo serta yang lurus gowes ke Candi Banyunibo.
  • Karena kita mau Gowes ke Candi Barong, ya kita ambil ke kiri.. alias ke utara, ikuti terus jalan aspal menuju candi Boko.
  • Setelah jalan menanjak beberapa saat, perhatikan di kiri jalan ada bangunan bak penampungan air tepat di sebelah kiri dipertigaan, yang ke kanan jalan cor beton, menuju candi Barong. Yang lurus tetap jalan aspal menuju candi Boko.
  • Karena kita mau gowes ke candi Barong, ya kita ikuti yang jalan cor beton. Ke Kanan! Ikuti terus jalan cor tersebut. Belok kanan belok kiri naik turun tuntun sepeda adalah hal biasa. Sesekali kalau tidak tau harus kemana, rumus blusukan adalah : malu bertanya sesat gowesnya!
  • Akhirnyaaaaaaaaaaaaaaa...  ketemulah  jalan aspal nan mulus halus... Kekiri menuju kaki bukit sebelah utara, dan ke ke kanan menuju candi Barong. Jadi intinya, Gowes ke Candi Barong kalau dari arah sisi utara bukit, selalu menempuh jalan aspal... owalah!! (Cari saja jalan meuju SMP N 2 Pambanan, dan tanyakan arah ke Candi Barong)
  • Dan sampailah ke komplek yang sebelah kiri jalan adalah Reruntuhan Situs Dawangsari dan yang sebalah kanan adalah CANDI BARONG dengan segala keanggunannya..
4 CLUBPON+ di sudut barat daya pelataran Candi Barong

Candi Barong Dari Depan Kiri
Gerbang Candi Barong Dari Sisi Dalam
Candi Induk Kiri (Utara)
Candi Barong Dari Sisi Belakang Kiri
Dua Candi Induk Dari Samping Belakang Kiri

Pelataran Depan Kiri Candi Barong dilihat dari gerbang Candi Barong.
Dari dari sudut barat daya komplek Candi Barong, bila berjalan ke arah selatan sedikit saja,
terlihat Candi Banyunibo,nun di bawah selatan sana....

Indonesia, khususnya Yogyakarta ternyata menyimpan banyak obyek pemanja mata. Salah satunya Candi Barong. Bila anda belum pernah ke Candi Barong, apalagi anda orang Jogja, ayolah, segera ke Candi Barong. Atau anda sedang mencari spot untuk foto prewedding, foto pre wedding, pre wedding foto, pre wedding photo, photo pre wedding atau apapun istilahnya, Candi barong adalah alternatif yang layak diutamakan.
Maka inilah jalan blusukan terngawur :)
dari Candi Barong ke Candi Banyunibo. CLUBPON+

Bisa terlihat penampakan Candi Banyunibo
Tepat di depan sadel sepda?

blusukan

Setelah blusukan  menyusuri jalan setapak yang sebagian berupa anak tangga,
sampai ke dusun terdekat dan menyusuri jalan aspal rusak, sampai juga ke Candi Banyunibo.

Ah, sesekali, jadi pingin lagi ke Candi Barong, di saat matahari tenggelam... betapa indahnya.. Anda mau? Ayuuukkk...