Senin, 25 Maret 2013

Gowes Ke Obyek Wisata Candi Banyunibo

Wisata Candi Yogyakarta. Candi Banyunibo mempunyai ati "air meneteskan diri" merupakan peninggalan Peradaban Agama Budha dari abad IX. Stupa di puncak Candi Banyunibo mewakili Ciri Khas Agama Buda. Candi Banyunibo juga dikenal sebagai "Si Sebatang Kara Banyunibo". Ini disebabkan letaknya yang menyendiri di tengah persawahan serta terpisah dari situs candi lainnya. Candi banyunibo berada di sebelah selatan Dusun Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Inilah Rute Gowes blusukan  ke Candi Banyunibo:
  • Dari selatan dari pertigaan pasar Piyungan jalan Jogja Wonosari, ambil arah ke kiri (ke utara) menyusuri jalan Piyungan - Prambanan
  • Dari utara dari pertigaan pasar Prambanan ambil arah ke kanan (ke selatan) menyusuri jalan Prambanan - Piyungan. Awas lho ya. harus sudah melewati bukit di kiri jalan, dimana Candi Ratu Boko berada.
  • Setiap sampai pertigaan, lihat papan nama #halah iklan banget!
  • Ketika ketemu papan nama penunjuk arah gowes ke Candi Ratu Boko, ikuti papan nama (ke Timur)
  • Setelah ketemu papan nama lagi, di perempatan, yang ke kiri gowes ke Candi Ratu Boko dan gowes ke Candi barong, yang ke kanan gowes ke Candi Ijo serta yang lurus gowes ke Candi Banyunibo.
  • Karena kita mau gowes ke candi Banyunibo, ya kita ikuti yang jalan yang lurus ke timur. Setelah sampai ke Komplek Sekolah Dasar, di sebelah timurnya, belok ke kanan. 
  • Nahm tuh, sampai ke Candi Banyunibo, si sebatang kara. Tapi di mana Air yang meneteskan diri itu ya?
Candi Banyuibo Dari Sisi Timur Laut

Candi Banyunibo Dari Sisi Utara


Lima Warga CLUBPON+ di gerbang Candi Banyunibo.
Eh, satunya ga kliatan, kebagian nyotrek... :)

 Dari sisa reruntuhan di sekitar candi utama, diperkirakan terdapat 6 candi perwara (candi pendamping) berbentuk stupa berdiameter 5m di sebelah selatan dan timur. Penyusun candi perwara ini tidak terbuat dari batu andesit tetapi dari batu putih yang mudah sekali aus. Candi utama Banyunibo sendiri menghadap ke barat.

Mengunjungi Candi Banyunibo saja, kayaknya kok tidak asik. Disarankan sebelum ke Candi Banyunibo, Anda juga Gowes ke Candi Ratu Boko atau ke Candi Barong. Atau kalau dijadwal kan seharian, bisa langsung gowes ke Candi Banyunibo, diterukan ke Candi Ratu Boko, dan ditutup dengan Candi Barong

Bicara soal Banyunibo, ada juga Grojogan atau Curug Banyunibo yang berada jauh berkilo-kilo meter dari Candi Banyunibo. Grojogan atau Curug Banyunibo ada di Wilayah Desa Krebet, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.  Gowes ke Curug Banyunibo, mengasikkan juga... Salam CLUBPON+



Label: , , , , , , ,

2 Komentar:

Pada 24 April 2016 pukul 17.37 , Blogger Unknown mengatakan...

Lohhhhh,, kok sepedanya masuk pelataran candi ,,,????

 
Pada 24 April 2016 pukul 17.38 , Blogger Unknown mengatakan...

Lohhhhh,, kok sepedanya masuk pelataran candi ,,,????

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda